Uncategorized

Ngidam?

Kehamilan saya sudah memasuki minggu ke 14, katanya. Berarti, udah 3,5 bulan, yaaa…
Masih mengalami all day long sickness dengan ditandai mual2 dan muntah2. Apalagi seminggu kemarin, saya tepar: flu berat dan batuk. Tiap batuk, malah diikuti dengan muntah. Hiks….

Sampai hari ini, saya masih ditanya: ngidam apa?

Apa, ya? Rasanya, saya nggak punya kepinginan sesuatu yang aneh2 dan mutlak harus dilakukan.

Jadi inget cerita seorang temen, yang kepingin banget rujak buah yang tukangnya nangkring di sebuah sekolah dasar. nah, temen saya itu kepinginnya cuma pas jam 10, lewat dari itu, dia dah ga kepingin lagi dan harus suaminya yang beliin. Dia cerita, pernah suatu kali sampai nangis kejer, karena jam 10.15 suaminya blum nongol juga bawain itu rujak buah. Padahal, dia baru bilang ke suaminya jam 10 via sms. Dan, suaminya sedang bertugas di lapangan. Jarak antara kantor suaminya ke sekolah dasar itu ada lah sekitar 20 km, trus harus dianterin ke rumahnya yang jaraknya 10 km dari sekolah dasar itu.

pernah juga diceritain ibu saya, waktu bliau ngidam, pengennya makan di rumah tetangga, tiap hari.

kalo salah satu tetangga saya lain lagi. dia ngidamnya makan nasi rawon, tapi baru kepengennya jam 2 pagi. Wew… ini kan di Bandung, mana ada tukang nasi rawon yang nangkring sebanyak tukang pecel lele sampai pagi di sini?????

Tapi, ga sedikit juga, ya, orang yang ngidam aneh2 dan cenderung berbahaya, menurut yang saya baca di sebuah artikel di majalah Ayahbunda.

Ada yang bilang, dengan ngidam, suami jadi tambah perhatian ama istrinya. Jadi semacam pembuktian bahwa suami itu care banget sama istri, kalo apa yang diidamkan ama istrinya terlaksana ama suaminya.


Ah, buat saya, sih, ngidam ga ngidam, suami pastinya tetep akan sayang ama istrinya, kok… Kakang sekarang menggantikan tugas2 rumah tangga saya yang melibatkan tenaga fisik yang cukup berat. Jadi, kata siapa harus ngidam dulu buat membuktikan suami sayang istri apa nggak?

Sebenernya, yang penting, sih, asupan gizi buat ibu hamil harus cukup, padahal, ibu hamil muda biasanya susah makan. Nah, ini sangat penting buat diperhatiin ama suami, ketimbang memenuhi keinginan yang aneh2 dan sama sekali ga masuk akal.

Jadi, saya mikir2 dulu, kalo pengen sesuatu. Mungkin nggak dilaksanain dan apa baiknya buat janin saya? Misalnya, saya pengen makan durian. Mungkin aja, sih, dilakukan, secara banyak yang jualan durian di pinggir jalan, meski harganya mahal. Tapi, apa baiknya buat janin saya? Jadi, saya set dulu di otak saya untuk cari makanan lain yang lebih baik buat janin saya dan memungkinkan buat didapatnya.

Alhamdulillah, ternyata saya bisa mengendalikan keinginan2 yang tidak mungkin didapat dan tidak baik buat janin saya. Saya pikir semua yang ngidam sebenernya bisa mengendalikan diri, kok….

Advertisements

17 thoughts on “Ngidam?

  1. Peni, kalau untuk saya pribadi ya ngidam yang pengen makan aneh2 itu sebetulnya dapat dikendalikan dengan baik. Gak harus ini dan itu dan juga masa iya sih janin bisa pengen ini itu ?Memang badan kita tuh gak enak samsek kalau hamil, itu saya percaya, karena memang hormonal, tapi jangan dipake alasan buat nuntut suami ini itu.Biasanya kalau istri merasa kurang diperhatikan suami atau kalau ingin manja2an ama suami yang berlebih, ngidamnya juga suka aneh2….Saya kalau lagi PSM juga pengen macem2 karena mulut tuh gak enak…. sama seperti hamil aja, tapi masa iya sih jamnya aja harus tepat, kalau belinya di tukang jualan tertentu memang iya karena setiap orang jualan punya ciri khas sendiri tapi sangatlah berlebihan kalau harus si anu yang beli gak beli sendiri aja…kan bikin susah orang atau memang sengaja seneng lihat orang lain repot karena kita ? kan gak bagus kalau gitu memang trus dengan alesan bayinya waduh kasihan bayi belum lahir udah jadi kambing hitam…..malah pada saat hamil saya bisa mengendalikan keinginan yang sama, karena sadar hal tsb juga bukan membawa ke kebaikan tapi gak self controlling diri kita.Masa iya sih tau suaminya kerja terus telat bawain rujak nangis kejer kalau buat saya sangat over acting banget…apa salahnya beli sendiri, masa iya orang gawe diganggu dengan permintaan yang gak wajar…Kalau hal2 gitu diturutin, bakalan gak bisa controlling diri kita dikemudian hari, apalagi pake alasan bayinya ngences ntarnya…walah…Kok buktinya wanita barat gak ada yang ngidam pengen ini itu tengah malam dan bayinya juga gak ada yang ngences karena mereka rasional juga suaminya rasional..hal2 yang kayak gini dianggap berlebih2an aja…Kalau saya bilang kembali ke diri kita, mau jadi ibu yang manja ama suami, mau jadi orang yang tegar ? Pilihan kita.Maaf ya kalau ada yang gak setuju….

  2. mikir rasionalnya karena dikau tuh senewen atau terlalu exciting mau punya bayi, jadi hormonnya mengacu kepengen sesuatu untuk kenyamanan jadinya ke makanan tertentu… apalagi katanya kalau ingin yang manis dan lembut2 dilidah itu gejala orang yang ingin kenyamanan… ( ada deh dibuku…lupa namanya…)

  3. aq sih setuju nggak setuju dengan ngidamnya ibu hamil. soal cenderung ingin makanan tertentu ya itu sih wajar karena mungkin hormonal. tapi sampe maksa2 melakukan tindakan yang di luar batas kewajaran hanya karena ngidam, ya g make sense aja sih. masa iya bayi yang belum lahir udah bisa nuntut ini itu. ya harusnya si ibu bisa mengendalikan diri lah untuk hal yang berlebihan. soal ngidam ini, aq pernah baca di UMMI kalo ada istri yang ngidamnya ngigit kuping suaminya. jadi setiap malam sang tetangga pasti denger suara teriakan suami yang sedang digigit kupingnya ama sang istri. entah gemes atau apapun alasannya, tapi ngeri nggak sih.. lagian itu istri apa nggak kasian ya ama suaminya??

  4. selamat ya peni, atas kehamilannya. semoga lancar dan sehat serta selamat sampai nanti melahirkan. Baik ibu maupun bayinya. Maaf terlambat……Bicara masalah ngidam, dulu ketika saya hamil Syamil, ingin makan sate padang yang di pertigaan Hek, tapi gak kesampaian. Itupun terbetik di hati, kalau kesampaian alhamdulillah tidak pun tak apa2.Bener, ngidam itu (kalau untuk makanan.red) bisa dipikir dl baik gak ya buat baby kita dan diri kita sendiri.selamat

  5. estherlita said: Kalau saya bilang kembali ke diri kita, mau jadi ibu yang manja ama suami, mau jadi orang yang tegar ?

    hehehe… tapi, Tante… nyatanya, peni ternyata “calon ibu” yang manja ama suami, lho… sering merengek kalo gatel2 atau muntah2 terus…. hiks…. 😦

  6. udaidur said: waktu dyo hamil Ziya, kok malah aku yang ngidam ya? ^_^

    fahmi juga gitu, lho…..malah dia yang doyan makan yang asem2, kayak apel malang, itu kan asem banget, yaaa… dia mah malah menikmatinya sambil kedip2 kekecutan… hahahaha…atau, nawarin makanan yang dia pengenin ke aku, alasannya karena aku hamil *padahal, dia yang kepingin makanan itu*

  7. ulilutju said: soal ngidam ini, aq pernah baca di UMMI kalo ada istri yang ngidamnya ngigit kuping suaminya. jadi setiap malam sang tetangga pasti denger suara teriakan suami yang sedang digigit kupingnya ama sang istri. entah gemes atau apapun alasannya, tapi ngeri nggak sih.. lagian itu istri apa nggak kasian ya ama suaminya??

    waaaa….. si istrinya punya gejala psikopat, yaaa??? seyeeemmmmm….kalo temen sekantorku cerita, waktu istrinya hamil, ga tau kenapa istrinya itu doyan banget cukur rambut suaminyua, sedikit demi sedikit. hasilnya, suatu pagi, kepala temen kantorku itu jadi pitak ga karuan karena dicukur istrinya selama beberapa malam, waktu temen kantorku itu sedang tidur pulas. Aneh….. hehehehe

  8. desimulyani said: selamat ya peni, atas kehamilannya. semoga lancar dan sehat serta selamat sampai nanti melahirkan. Baik ibu maupun bayinya. Maaf terlambat……Bicara masalah ngidam, dulu ketika saya hamil Syamil, ingin makan sate padang yang di pertigaan Hek, tapi gak kesampaian. Itupun terbetik di hati, kalau kesampaian alhamdulillah tidak pun tak apa2.Bener, ngidam itu (kalau untuk makanan.red) bisa dipikir dl baik gak ya buat baby kita dan diri kita sendiri.selamat

    ma kasih, desi…. mohon doanya, yaaaa…..iya, kalo saya pengen sesuatu saya mikir dulu “mungkin dan aman” apa nggak.tapi, kalo ga aman, ya sudah…. kapan2 lagi juga bisa…

  9. brounie said: wah..jadi pengen ngrasain ngidam nih mbak..:)

    hihihihi… dek maya lucu…..sok, atuh, cepet2…. eh, taun depan tinggal 5 bulan lagi, yaa…. *wink…wink…* =D

  10. Meskipun nggak hamil, aku juga suka ngidam kok Teh Pen, hikhikhik …Seperti kemaren, karena aku kepaksa “liburan” di rumah selama delapan hari, terus kerjaannya cuma nonton TV (dan daripada nonton sinetron yang nggak jelas, mending nonton film kartun atau acara kuliner), jadi sambil ngagoler ngebayang-bayangin pengen sushi, makanan meksiko, pengen ke hanamasa, pengen es krim, kebab, dll., dsb. … tapi nggak ada yang kesampean semuanya hikhikhik! (bayinya jelas nggak ngiler, karena memang belum ada, yang ngiler mah yang ngajoprak sembari nonton tv tadi)

  11. mmlubis said: Seperti kemaren, karena aku kepaksa “liburan” di rumah selama delapan hari

    kunaon, neng? sakiittt???pantesan, meni asa sepi…curiga kita sempat sakit bersama, deh….soalnya, minggu lalu, aku ga masuk juga, dijumlah jamleh mah ada seminggu terkapar…..

  12. p3n1 said: kunaon, neng? sakiittt???pantesan, meni asa sepi…curiga kita sempat sakit bersama, deh….soalnya, minggu lalu, aku ga masuk juga, dijumlah jamleh mah ada seminggu terkapar…..

    iya, aku gejala demam berdandan sekaligus gejala tipp-ex hikhikhik … baru hari ini masuk kantor lagi hehehehe :p

  13. mmlubis said: ya, aku gejala demam berdandan sekaligus gejala tipp-ex hikhikhik … baru hari ini masuk kantor lagi hehehehe :p

    waduh!!! gubrakkk!!!! =D

  14. anggrafiza said: Salam kenal dan selamat teh Peni, soal ngidam apa semua org hamil ngidam???

    salam kenal juga, anggraeni…seingat saya, sih, saya nggak ngidam apa2….cuma suka pengen sesuatu yang terlintas aja dan emang udah jadi kebiasaan saya sejak sebelum nikah, emang suka pengen sesuatu gitu, deh…. hehehejadi, ga mesti orang hamil ngidam, kan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s