Uncategorized

Hebohnya tentang Aa Gym

Hebohnya tentang poligami yang dilakukan Abdullah Gymnastiar atau yang biasa kita kenal dengan panggilan Aa Gym, tentu saja membuat tokoh dai tersebut menjadi pusat perhatian minggu ini.
Gimana nggak? Jamaahnya banyak, fans nya juga banyak….

Temen2 pastilah udah tau ceritanya gimana2, jadi saya ga perlu bahas ulang di sini.
Satu hal aja yang membuat saya tergelitik waktu baca berita2 tersebut adalah ketika saya mendapatkan cerita sedikit tentang istri kedua Aa Gym tersebut. Katanya ada friendsternya, di mana akun di friendster tersebut baru dibuat Desember 2006.
Oh, plis, deh.. berarti itu akun FS kan baru dibuat setelah pernikahan kedua Aa Gym itu tersiar secara luas oleh media massa.
Saya iseng2 aja buat cari tau di FS dengan nama Alfarini. Dan di situ memuat 4 profile dengan nama Alfarini Eridani.
Hmmm… di salah satu akunnya, ada 11 kontak, sementara di beberapa akun yang lain, ga ada kontak atau cuma 1 kontak *sejauh yang saya lihat*.
Emang ga ada testimoni, tapi yang pasti ada komentar2 di foto2 yang terpampang di FSnya tersebut.

Saya kok malah jadi berpikir, bahwa KEMUNGKINAN BESAR yang bikin akun dengan nama tersebut justru bukan orangnya langsung. Malah, di salah satu akun yang ada 11 kontak itu, ada Aa segala sebagai salah satu kontaknya. Kalo soal foto atau data diri kan bisa didapet dengan mudah dari media massa, jadinya pasti gampang2 aja bikin akun di FS dengan modal begitu.

Ga bermaksud buat mencampuri urusan orang lain, ternyata, ada yang seneng, ya, dengan hebohnya berita ini, trus “merelakan” diri buat meluangkan waktu untuk bikin akun di Friendster dengan nama istri kedua Aa Gym tersebut, juga dengan nama Aa, yang kemungkinan besar bukan mereka sendiri yang buat.

Jujur aja, saya sangat prihatin banget dengan situasi seperti ini, malah dimanfaatkan pihak2 tertentu buat semakin menjatuhkan kredibilitas Aa.

Apa yang salah dengan poligami, sepanjang emang Aa bisa memenuhi persyaratan untuk poligami, secaraaaaaa…… poligami ga bisa sembarangan gitu aja dilakukannya. Persyaratannya berat dan kalo ga bisa memenuhi persyaratan itu, mending ga usah aja, deh!
Poligami (baca: harus menikah dengan sah) jauh lebih baik ketimbang selingkuh dengan cara berzina.

Semoga Aa Gym dan teh Ninih semakin kuat menerima terpaan ujian ini dan semoga Allah membuka mata hati buat mereka2 yang “memanfaatkan” situasi ini dengan semakin menyebar fitnah atau menjadikan hal ini sebagai gunjingan belaka.

Hanya Allah yang tau, apa makna di balik kejadian ini.

Advertisements

57 thoughts on “Hebohnya tentang Aa Gym

  1. Poligami (baca: harus menikah dengan sah) jauh lebih baik ketimbang selingkuh dengan cara berzina.Tapi lebih baik lagi bila tetep beristri satu….sampai akhir hayat…(saya agak heran kenapa kok jadi dibandingkan dengan parameter yang salah….kayak mending jadi maling dari pada jadi perampok….)Maaf ya Peni , sekedar pemikiran daku yang oon….

  2. be2ny said: BIla peni mengalami hal seperti itu gimana ?

    maksudnya, jadi istri keduanya atau jadi istri pertamanya, mas?jujur aja, peni bukan orang yang anti poligamitapiiiii… (pake tapi, niyyy..hehehe) kalo peni pribadi, nih, ga mau jadi istri kedua dari orang yang masih punya istri, karena sikap dan tingkat ilmu yang peni punya belum mendukung buat menjadi seperti itudan dengan alasan yang sama, ga mau dipoligami juga *wink*

  3. estherlita said: Tapi lebih baik lagi bila tetep beristri satu….sampai akhir hayat…(saya agak heran kenapa kok jadi dibandingkan dengan parameter yang salah….kayak mending jadi maling dari pada jadi perampok….)Maaf ya Peni , sekedar pemikiran daku yang oon….

    hihihi… Tante…ya iyalah, mending tetap beristri satu sampai akhir hayat…kalo peni pribadi, ya, itu….mungkin karena ilmu dan sikap2 yang peni miliki saat ini belum atau tidak mendukung untuk mengalami hal tersebut, peni memilih untuk tidak menjadi salah satu di antaranya (dipoligami atau jadi istri ke sekiannya)makanya itu, untuk berpoligami sendiri juga sebenernya ga gampang persyaratannya, sehingga, kalo ga bisa memenuhi persyaratan buat berpoligami, mending ga usah mikirin buat punya istri lagi apalagi selingkuh…. 😉

  4. be2ny said: berarti setuju poligami tapi asal bukan pada pasangannya.he..he….( kalau poligami orang lain…..silakan…)

    hehehehe… jadi maluuuuuu….gini, sih….karena saya belum punya ilmu yang mendukung ke arah sana, trus, saya juga baru setahun membina rumah tangga, hal2 seperti itu belum terpikirkan oleh saya atau egoisnya, saya emang ga mau….begituuu…..cuma, ga tau juga, ya, kalo ternyata nanti2 entah kapan itu terjadi pada saya….

  5. yuksss .. sama2 belajar ajah .. biar smua jdi pinter … krn hukum asal nikah adalah ta’addud … ana yg akhwat tulen .. sngat ALHAMDULILLAH .. krn ana juga sdang dlm proses ta’addud ini … & sngat bsyukur dg ikhwan ana ini .. yg ALLAH kirimkan utk mnyelamatkan hidup ana .. lha klo ikhwan2 pd takut ta’addud .. sapa yg tolong ana duonk .. hicks!

  6. sebelum berpoligami, pria/suami itu kan harus melalui proses pacaran/penjajakan, Nah apakah selama proses pacaran itu, kita tidak melihat bahwa kejadian itu sebagai selingkuh/penghianatan cinta? ( walau mereka tidak melakukan hubungan kelamin?), tapi kan niatnya dari pria itu sudah ada, dimulai saat PDKT tanpa sepengetahuan istri yang sah. Mungkin gini aja, kali…..Poligami setuju tapi suami tidak boleh melakukan hubungan sex dengan istri barunya..he..he….

  7. diajengshita said: lha klo ikhwan2 pd takut ta’addud .. sapa yg tolong ana duonk ..

    subhanallaah…gitu, yaaaa…???kalo saya sih jujur aja, ga siap kalo harus di ta’addud…. 😉

  8. be2ny said: sebelum berpoligami, pria/suami itu kan harus melalui proses pacaran/penjajakan, Nah apakah selama proses pacaran itu, kita tidak melihat bahwa kejadian itu sebagai selingkuh/penghianatan cinta? ( walau mereka tidak melakukan hubungan kelamin?), tapi kan niatnya dari pria itu sudah ada, dimulai saat PDKT tanpa sepengetahuan istri yang sah.

    nah, sebetulnya yang saya ketahui mah, harusnya ada persetujuan dari istri dan istrinya harus tau juga kalo suaminya mau poligami…jadi, kalo diam2 melakukannya… ya, itu sama dengan membohongi istri dan justru itu yang dilarang..makanya, sebenernya meski poligami dalam Islam diperbolehkan dan ada di dalam Al Qur’an, ada syarat2 yang emang harus dipenuhisekarang, mampu, ga, orang yang berniat atau sudah berpoligami itu memenuhi syarat2 yang ditentukan dalam ajaran Islam?Rasulullaah SAW yang manusia adil aja, ternyata istri2nya masih bisa cemburu satu sama lain…

  9. baca buku ini deh .. Insya Allah manfaat mnambah ilmu : istriku menikahkanku – As Sayyid bin Abdul Aziz – As Sa’dani – darul falah, adil thadap para istri – Ariij binti Abdur Rahman – As Sanan – darus sunnah, dilema poligami bagi muslimah – Ishom bin – Muhammad Asy Syarif – al qowam

  10. diajengshita said: baca buku ini deh .. Insya Allah manfaat mnambah ilmu : istriku menikahkanku – As Sayyid bin Abdul Aziz – As Sa’dani – darul falah, adil thadap para istri – Ariij binti Abdur Rahman – As Sanan – darus sunnah, dilema poligami bagi muslimah – Ishom bin – Muhammad Asy Syarif – al qowam

    hihihi…lom siap bacanyaaaaaa!!!!! 🙂

  11. ana duluuuu juga spt peni .. tapi dg niatan mnuntut ilmu syar’i .. Alhamdulillah jd paham … & ALLAH akan tolong peni juga .. utk bisa memahami aturan2 NYA … dan meng-amal-kan-nya …. Insya Allah …

  12. iya walau saya tdk siap di polgami tp secara pribadi klo ada yg mampu dan siap ga usah dihalang2i ,mrk yg akan menjalani knp ya kita yg suka heboh….saya takut kita semua termasuk yg mengunjing ….malah kita yang dosa:( ya ga? saya pikir kita hrs proporsional menyikapi sesuatu …kenapa hrs polling2 segala ,tiu kanurusan orang …knp kita ikutan heboh bahkan stress hihi

  13. diajengshita said: tapi dg niatan mnuntut ilmu syar’i .. Alhamdulillah jd paham … & ALLAH akan tolong peni juga .. utk bisa memahami aturan2 NYA … dan meng-amal-kan-nya …. Insya Allah …

    iya, sihcuma, lagi belum siap aja, bacanya…sekarang lagi harus banyak baca tentang melahirkan dan mendidik anak sejak bayi…. 🙂

  14. dimyati said: iya walau saya tdk siap di polgami tp secara pribadi klo ada yg mampu dan siap ga usah dihalang2i ,mrk yg akan menjalani knp ya kita yg suka heboh….saya takut kita semua termasuk yg mengunjing ….malah kita yang dosa:( ya ga? saya pikir kita hrs proporsional menyikapi sesuatu …kenapa hrs polling2 segala ,tiu kanurusan orang …knp kita ikutan heboh bahkan stress hihi

    setujuuuuuuuuuu hak pribadi orang masing masing, yg berkepentingan (istri pertama) okeh okeh aja, lah kita yg ribut , kok yg seolah mengadili mereka, emang kita sapa?

  15. dimyati said: saya pikir kita hrs proporsional menyikapi sesuatu …

    iya, kenapa kita ga berpikir positif aja, sih???lagian, saya kan cuma bilang bahwa ternyata hal2 seperti ini kemudian dimanfaatkan pihak2 tertentu untuk semakin mencela keyakinan kita…..

  16. pujay said: hak pribadi orang masing masing, yg berkepentingan (istri pertama) okeh okeh aja, lah kita yg ribut , kok yg seolah mengadili mereka, emang kita sapa?

    iya, siapa kita????

  17. wekekekekekekeke tapi biarin lah beda kepala beda yg dipikir, kalo ga gitu ga seruuuuu. ;))yg kita ributin kudunya yg suka iseng memancing di air keruh bener gaaaa

  18. diajengshita said: klo peni di posisi ana .. pasti akan bsyukur Alhamdulillah dg aturan yg ALLAH bikin .. & gak kbayang seandainya ALLAH gak buat aturan ta’addud itu … wah! …

    waw!!!kok jadi mojokin saya, nih???yang saya tulis di jurnal saya, rasanya ga nyinggung tentang si ta’addud itu sendiri deh, intinya mahsaya cuma nulis bahwa jadinya ada orang2 tertentu yang manfaatin situasi ini dengan semakin menjatuhkan kredibilitas Aa, juga malah ada yang sampai bikin akun di Friendster segala atas nama Aa juga istri kedua Aa tersebut…plis, ah, ibu hamil itu sensitif, lhooooo…. hehehehe…..

  19. cemburu itu wajar & manusiawi .. tapi klo niatan kita tunduk pd aturan ALLAH … kita akan bisa melatih me-manage .. jealous itu .. mjdi rahmat .. krn jealous pun ada yg syar’i .. dan ada yg tdk syar’i ….

  20. jangan merasa di pojokan … santai ajah lah … skalian saran buat peni .. baca buku MENANTI BUAH HATI .. coba deh .. tuilsan ABDUL HAKIM BIN AMIR ABDAT .. beli buku itu .. dikasih vcd nya juga .. Subhanallah .. ilmu Ust Hakim itu ….

  21. masih kurang “kenyang” ilmu .. dteng deh .. di kajian beliau selasa 16:30 – magrib di BEJ .. lantai LLato kamis ba’da magrib .. di poltangan pasar minggu … Subhanallah .. Subhanallah ….

  22. Tapi kenapa ya gak ada yang bahas kalau Rasullah itu berpoligami setelah istri pertama nya meninggal ? Apa sunahnya hanya mulai saat berpoligami aja atau mulai saat beliau berumah tangga ?Artinya Blio baru berpoligami setelah istri pertamanya meninggal, kalau emang sunnahnya bermula dari blio bertumah tangga, jadinya para bapak2 harus nunggu bini pertamanya dulu mati dong… *lagi prihatin banget maklum udah ampir 23tahun nikah dan alhamdulillah monogami*

  23. itu perlu pnjelasan dr yg paham AL QUR’AN & AS SUNNAH yg shohih … krn .. jika sesuatu di tangani oleh yg bukan ahlinya makanya tunggulah kehancurannya .. yukksss yukksss belajar .. ana sih smangat ajakin sapa aja tuk blajar .. krn mnuntut ilmu syar’i hukumnya FARDHU AIN lho ..

  24. estherlita said: Apa sunahnya hanya mulai saat berpoligami aja atau mulai saat beliau berumah tangga ?

    di Al Qur’an sih, ga dibahas harus nunggu istri pertamanya meninggal dulu, meski memang Rasulullaah SAW sendiri berpoligami setelah istri pertamanya meninggal…

  25. estherlita said: eh OOT, udah ke Yonas ?

    denger di sini aja, deh, gimana suara hatinya teh Ninihwww.radiotarbiyah.net/listen.plsya, ntar sore, insya Allahkemarin2 ga sempet, karena kehalang hujan derasssss bangettt nget nget….pas sore2 gitu…mudah2an sore ini ga hujan…..soalnya udah siang ini hujan deras… hehehe…

  26. prasaan rasul menikah itu kan istrinya ga meninggal dulu hih i,kan ada cerita rasul bergantian dari satu hari ke hari yg lain dengan istri2 belio jd masa istrinya meninggal ? hihi

  27. dimyati said: prasaan rasul menikah itu kan istrinya ga meninggal dulu hih i,kan ada cerita rasul bergantian dari satu hari ke hari yg lain dengan istri2 belio jd masa istrinya meninggal ? hihi

    istri pertama Rasul meninggal say… Rasul menikah dengan Siti Hadijah pada saat Hadijah umur 40 dan rasul saat itu masih muda.Kemudian Siti Hadijah meninggal baru Rasul menikah dengan Aishah yang sangat muda sehingga belum serumah hingga Aishah akil balik…dan setelah itu banyak lagi istri2 Rasul yang lain, malah ada yang tua, yang para sahabat gag mau ngawinin ya Rasul yang ngambil istri, janda yang ditinggal mati suaminya…Itu cerita suamiku tadi pagi pas sarapan,,, blio “ahli” sejarah Rasul.*kalau gag salah denger akunya tadi pagi*

  28. p3n1 said: denger di sini aja, deh, gimana suara hatinya teh Ninihwww.radiotarbiyah.net/listen.plsya, ntar sore, insya Allahkemarin2 ga sempet, karena kehalang hujan derasssss bangettt nget nget….pas sore2 gitu…mudah2an sore ini ga hujan…..soalnya udah siang ini hujan deras… hehehe…

    walah kasihan hujan terus, di AD juga sering banget hujan padahal gag biasanya hujan mulu…Aku juga kedinginan neh…., laper mulu….

  29. estherlita said: Aku juga kedinginan neh…., laper mulu….

    sama, dooonggcuma kalo kedinginan selama hamil ini belum pernah…..kalo laper mulu, ga cuma pas musim ujan aja, kokmusim panas juga laper mulu bawaannyahehehehe *dasaran emang peni rakus, yah*

  30. Orang-orang punya pendapat sendiri-sendiri soal poligami… biar aja. Biar aja mereka bicara pro atau kontra sesuai dengan pengetahuan mereka. Barangkali lebih baik kita juga nggak komen acara poligaminya orang lain.pak Diet doain, mudah-mudahan mbak Peni nggak perlu ngalamin dimadu. Keluarganya aman-tentram-damai-rukun-rukun hingga akhir hayat. amin.

  31. oomdiet said: Orang-orang punya pendapat sendiri-sendiri soal poligami… biar aja. Biar aja mereka bicara pro atau kontra sesuai dengan pengetahuan mereka. Barangkali lebih baik kita juga nggak komen acara poligaminya orang lain.pak Diet doain, mudah-mudahan mbak Peni nggak perlu ngalamin dimadu. Keluarganya aman-tentram-damai-rukun-rukun hingga akhir hayat. amin.

    iya, pak Dietsebenernya, inti peni nulis jurnal ini, adalah prihatin banget sama orang2 iseng yang malah jadi bikin FS nya mbak rini itubuat apa, coba?malah buat mempergunjingkan mbak rini itu, kan?kasian banget… hiks….aamiin… matur nuwun, buat doanya, pak Dieteniwei, udah lihat foto nikahannya Asih, kan???

  32. salam kenal, soal akun FS atas nama Alfarini dsb, memang ada klarifikasi dari situs manajemenqolbu.com.”Bagi Sahabat yang menemukan account friendster yang mengatas namakan Aa Gym (Abdullah Gymnastiar), Teh Ninih (Ninih Mutmainnah) dan Teh Rini (Alfirini Eridani) adalah bukan dibuat oleh yang bersangkutan ataupun mewakilkan kepada orang lain”

  33. aningtyas said: salam kenal,soal akun FS atas nama Alfarini dsb, memang ada klarifikasi dari situs manajemenqolbu.com.”Bagi Sahabat yang menemukan account friendster yang mengatas namakan Aa Gym (Abdullah Gymnastiar), Teh Ninih (Ninih Mutmainnah) dan Teh Rini (Alfirini Eridani) adalah bukan dibuat oleh yang bersangkutan ataupun mewakilkan kepada orang lain”

    salam kenal juga…emang, sihmakanya, hal2 seperti ini malah jadi bahan olok2 yang kemudian ada yang iseng bikin akun di FS, yang kemudian dijadiin media buat mengolok2…. oh, plis, dueh….kekanak-kanakan bangedddddd…. grrr!!!anak2 aja ga begitu!!!!

  34. p3n1 said: ta’addud = poligami

    mba, yang lebih tepat dalam konteks Islam, ‘ta-adud’ itu adalah POLIGINI, yang artinya beristri lebih dari 1. POLIGAMI sendiri bermakna ‘pasangan lebih dari satu’ … nah jadi karena POLIANDRI itu HARAM dalam Islam tentu tidak tepat mengatakan Islam membolehkan POLIGAMI (bisa POLIGINI dan POLIANDRI) kan?sekedar trivia … tapi mungkin bisa meluruskan dan membantah tuduhan musuh Islam.salam kenal …,:-)

  35. peaceman said: mba, yang lebih tepat dalam konteks Islam, ‘ta-adud’ itu adalah POLIGINI, yang artinya beristri lebih dari 1. POLIGAMI sendiri bermakna ‘pasangan lebih dari satu’ … nah jadi karena POLIANDRI itu HARAM dalam Islam tentu tidak tepat mengatakan Islam membolehkan POLIGAMI (bisa POLIGINI dan POLIANDRI) kan?sekedar trivia … tapi mungkin bisa meluruskan dan membantah tuduhan musuh Islam.salam kenal …,:-)

    salam kenal jugama kasih banget, yaaaaa… buat penjelasannya….

  36. patrialdi said: masih juga belum nerima si plogami euuyyyeehh salam kenal yaa 🙂

    salam kenal juga….yang mana nih, yang belum nerima????hehehe…tulisan saya di jurnal ini, sih, cuma menyoroti keprihatinan saya atas apa yang terjadi, trus saya mah lebih menyoroti pada pihak2 tertentu yang merasa mendapat “angin” buat berbuat yang nggak2 gitu, dehhhhcontoh: bikin akun di Friendster atas nama Alfarini, Teh Ninih dan Aa Gym… yang kemudian FS tersebut jadi rame dueeehhhh… grrrrr!!!

  37. patrarinadewi said: Ga usah berlama2 di bab ini deh

    Patra benar!Tadi saya kontak ust Arifin Ilham dan ust Ihsan Tandjung, dan masukan mereka adalah: Aa tidak usah tanggapi, keep silent buat BAB ini, lanjutkan as if nothing had happened. Toh itu memang bagian dari episode hidup Aa sekeluarga yang terus harus dilakoni hingga waktunya tiba!Biarlah orang lain yang menjelaskan, tidak usah Aa lagi atau istri-istri Aa …Moga Aa dan keluarga tabah dan istiqamah di jalan Allah. Amin:-)

  38. peaceman said: Toh itu memang bagian dari episode hidup Aa sekeluarga yang terus harus dilakoni hingga waktunya tiba!Biarlah orang lain yang menjelaskan, tidak usah Aa lagi atau istri-istri Aa …Moga Aa dan keluarga tabah dan istiqamah di jalan Allah. Amin

    oya, kenapa masih diekspos sampai masuk ke infotaiment segala???karenaaaaa…..masyarakat (indonesia) lebih cenderung menerima adanya selir, istri gelap, memaafkan perselingkuhan…main belakang…tapi kalo poligami…no way *analisis k moko, temen saya*aamiin… semoga diberi kesabaran selalu…..

  39. p3n1 said: oya, kenapa masih diekspos sampai masuk ke infotaiment segala???karenaaaaa…..masyarakat (indonesia) lebih cenderung menerima adanya selir, istri gelap, memaafkan perselingkuhan…main belakang…tapi kalo poligami…no way *analisis k moko, temen saya*aamiin… semoga diberi kesabaran selalu…..

    Kayaknya gak juga deeeh… buktinya itu perselingkuhan YZdan ME juga diributin… dihujat dllsb kok..Sepertinya yang jadi masalah adalah karena pelakunya adalah publik figur. Itu saja.Namanya publik figur, bikin orang ingin tau dan heboh setiap ada sesuatu yang terjadi pada dirinya… Itu salah satu resiko negatif dikenal orang banyak…Buktinya waktu tetangga saya (yang gak beken sama sekali) berpoligami… gak ada tuuuh… yang masukin ke MP apalagi infotaintmen… :DJadi bukan masalah terima gak terima soal poligami yang halal dan perselingkuhan yang haram..tapi masalahnya siapa yang melakukan.uuppps…. permisi ah… numpang lewat…

  40. diajengshita said: afwan .. ralat dikit mbak .. sesudah SITI KHADIJAH .. tidak lsung dg AISYAH .. tapi dg SAUDAH BINTI ZAM’AH dulu .. baru AISYAH … silakan baca BUKU SHAHABIYAH …

    ha iya kelewat satu…abis yang beken tuh Aisyah…Saya punya bukunya juga “Sirah Muhammad Rasullah , suatu penafsiran baru” karangan H Fuad Hasem….Baca deh bagus bukunya…dipandang dari sudut yang lain…

  41. diajengshita said: klo peni di posisi ana .. pasti akan bsyukur Alhamdulillah dg aturan yg ALLAH bikin .. & gak kbayang seandainya ALLAH gak buat aturan ta’addud itu … wah! …

    subhanallah … jadi ingin tahu detilnya …. bisakah shita menulisnya dlm sebuah artikel … ringkas pun tak apa2 … ingin sekali mengetahui hal ini dr yg menjalankannya langsung, apalagi dr pihak wanitanya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s