Uncategorized

Maaf-maafan Sebelum Ramadhan? Ga perlu?

Seorang teman menunjukkan link ini.
Hmmm… saya jadi terhenyak. Iya, ya? Ga pernah dicontohin sama Rasulullah SAW? Iya ya, itu cuma tradisi?
Kalopun iya itu tradisi, ga salah, kan? Apa yang salah dengan meminta maaf, coba?
Mungkin, blog itu ada benarnya, sih, kalo minta maaf, ya, jangan nunggu momen lebaran atau mau puasa, kali, yaaa…
Sebab, saya pernah, tuh, waktu berantem sama seorang temen. Berantemnya ga heboh-heboh amat sih. Cuma, ya, yang namanya berantem mah teuteup atuh. Nah, waktu itu, dia bilang, “ya udah, lebaran kan tinggal seminggu lagi. Saya minta maafnya ntar aja, minggu depan.”
Hihihihihi…..

Mungkin, inti dari tradisi meminta maaf sebelum memasuki Ramadhan adalah supaya kita semua bersih hati menjelang Ramadhan. Jadi, kita sudah bebersih hati sebelum menjelang semua kebaikan Ramadhan. Gitu, kali, yaa? Ada yang menyarankan cepetan lunasi hutang, minta maaf sama semua yang pernah kita sakiti hatinya (sengaja atau nggak), dan lain-lain.

Menurut hemat saya, sih, kalo lunasin hutang atau tepatin janji, ga mesti nunggu mau Ramadhan juga emang sudah jadi kewajiban kita. Minta maaf kapanpun juga kita merasa punya salah sama pihak lain itu harus, tanpa mesti nunggu momen mau Ramadhan.

Tapi, ga ada yang salah, dong, dengan tradisi ini? Biasanya, di sela-sela meminta maaf ini, ada sisipan doa. Betul, ga? Doa akan pengharapan semoga bisa meraih berkah terbaik di Ramadhan ini.

Yo wis, kalo begitu, saya mewakili segenap keluarga saya mau mengucapkan:
Selamat menjelang bulan Ramadhan. Bersih hati, bersih diri. Semoga mendapatkan semua kebaikan di bulan Ramadhan ini. Semoga, ini menjadi Ramadhan terbaik kita. Semoga, kita dipertemukan dengan penghujung Ramadhan bahkan bisa bertemu lagi di Ramadhan tahun depan. Mohon dimaafkan segala khilaf, agar kita bisa bersih hati menjalankan shaum.

– Peni, Fahmi dan Ilman –

Advertisements

15 thoughts on “Maaf-maafan Sebelum Ramadhan? Ga perlu?

  1. ya orang macam2 seh…bisa diterjemahkan juga berbeda…Tapi rasanya emang afddol kalau mau puasa bermaaf2an… kalau saya bilang gunanya buat siapa tau kalau kita berbuat kesalahan yang tanpa kita sadari dan menyakitkan hati teman, dengan minta maaf gini kan kita jadi enak plong teman yang disakiti juga mau memaafkan..Emang bener kalau kita tau salahnya kita sebaiknya segera minta maaf gak perlu nunggu event apapun….Maaf lahir bathin ya say… kalau ada kata2 yang kurang berkenan.Selamat berpuasa…Salam sayang dari AD.

  2. estherlita said: ya orang macam2 seh…bisa diterjemahkan juga berbeda…Tapi rasanya emang afddol kalau mau puasa bermaaf2an…kalau saya bilang gunanya buat siapa tau kalau kita berbuat kesalahan yang tanpa kita sadari dan menyakitkan hati teman, dengan minta maaf gini kan kita jadi enak plong teman yang disakiti juga mau memaafkan..Emang bener kalau kita tau salahnya kita sebaiknya segera minta maaf gak perlu nunggu event apapun….Maaf lahir bathin ya say… kalau ada kata2 yang kurang berkenan.Selamat berpuasa…Salam sayang dari AD

    hihihi… iya, Tantesaya juga mikirnya begitutapi, mungkin, kita baru sadar sama kesalahan kita, setelah ada momen..hehehemet puasa, ya, Tantesaya juga mohon dimaafin kalo ada banyak salah-salah tulis atau kata….

  3. roelworks said: Momen… orang sepertinya perlu momen

    iya, betul!kalo ga ada momen, biasanya orang suka bingung kalo kita tiba2 minta maaf teahehehehehe….

  4. ya sebenernya sih emang nggak ada contohnya. dan bener juga kalau mau maaf2an kenapa harus nunggu menjelang ramadhan atau lebaan. tapi karena ini sesuatu yg baik, kenapa juga harus dipermasalahkan. selama sesuatu yang baik, nggak ada salahnya dilakukan.jadi.. mohon maaf jika ada salah2 selama ini ya..

  5. t’ peni, mohon maap juga yasaya mah cuma karena alasan praktis nggak melakukan ritual ini (misalnya sms, karena pulsanya sekarat, atau misalnya via internet, soalnya lagi pake telkomnyet, gara2 spidi belum disetting deui setelah komputer diformat heheheheheheheehehehehe)

  6. prajuritkecil said: kalo saling jenggut-jenggutan baru deh…. distop segera…:p

    aku baru saja menyaksikan aksi jenggut-jenggutan antara mbak ari sama ira…hihihihi

  7. yaa…aku jg sbenernya g terlalu suka mengirimkan sms maaf2an klo pas ramadhan, tp kan emang kebiasaan itu gada salahnya ya? walo bulan diluar ramadhan pun kyanya musti sering banget minta maap… :D~merasa banyak dosa~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s