Uncategorized

How Are You, Mom?

Assalaamu ‘alaikum…

Apa kabar, Bu? Hmm, hari ini, 19 Desember 2008. Means udah 25 tahun lebih sehari, ibu pergi meninggalkan dunia ini. Ibu baik-baikkah di sana? Peni kirim doa, Bu, sampai, kan? Katanya, doa anak yang shalih akan membuat semua amalan ibu selama ibu hidup terus bermanfaat. Aamiin. Mudah-mudahan Peni anak yang shalih, ya, Bu?

Eh, iya, Bu.. udah lama, ya, Peni nggak cerita-cerita sama Ibu. Ada banyaaaaaaak banget yang pengen Peni ceritain. Awal November kemaren, Peni, Fahmi dan Ilman pergi ke Jakarta, dalam rangka menghadiri nikahannya Anggia. Peni ketemu semua saudara Ibu. Bahagiaaa banget bisa ketemu mereka. Cuma, kondisi Ilman sempet bikin Peni dan Fahmi clash berat. Mungkin Ilman kecapekan, jadi rewel terus, ya, Bu…

Oya, Bu. Asih udah punya baby sekarang. Peni ikut nungguin waktu Asih melahirkan. Ih, kesel banget sama dokternya. Masa Asih sampe harus dijahit dua kali, udah gitu bengkak pula daerah bekas jahitannya sampe ada darah beku dan harus dioperasi? Argh! Ibu kan dulu ngasuh Asih bareng-bareng Peni, ya. Ibu pasti kesel juga kalo tahu ini. Alhamdulillah, bayinya sehat. Jadi, kami nggak mengkhawatirkan dua-duanya. Haha, cucu Ibu jadi 5 sekarang. Ada Bei dan Aska anaknya Gia, ada Ilman, ada Dafa anaknya Didot dan ada Erin anaknya Asih.

Bu, kami semua di rumah sehat-sehat aja. Bapak kan rutin bikin acara dzikir bersama di rumah dan kemarin rasanya gimanaaaa gitu. Karena kemarin kan 25 tahun Ibu pergi meninggalkan kami semua, jadi suasananya haru biru gitu, deh… Ah, Ibu… tapi Peni nggak mau berandai-andai, kok. Ibu sudah ada di tempat yang tenang, jadi Ibu nggak perlu pake tabung oksigen lagi kalo Ibu sesak nafas. Badan Ibu nggak perlu biru-biru lagi karena kurangnya asupan oksigen. Ibu nggak harus disuntik atau minum obat lagi. Ibu nggak harus makan cuma makan kentang rebus yang menurut Peni rasanya bener-bener hambar.

Peni tuh saluuuut banget sama Ibu. Ibu tabah dan kuat. Sayang, diary Ibu nggak Peni pegang, waktu itu diselamatkan bulik Yati dan hancur karena badai. Padahal, Peni pengeeeen banget baca tulisan Ibu. Peni kan cuma kenal Ibu 6 tahun. Astri malah nggak pernah ketemu Ibu. Dia bener-bener nggak tahu Ibu. Kali ini Peni berandai-andai, seandainya di tempat bulik Yati nggak pernah terjadi badai, pasti Peni dan Astri udah semakin kenal sama Ibu, lewat tulisan-tulisan Ibu. Argh! Haruskah Peni mengutuk badai itu? Nggak boleh, kan, Bu.. itu pasti sudah kehendak Allah. Atau jangan-jangan, itu tanda dari Allah, kalo manusia sekarang udah makin jahat sama alam, makanya Allah kirim badai.

Banyaaaak banget yang terjadi belakangan ini. Peni tersambung lagi sama temen-temen lama Peni. Inget aja, waktu Ibu meninggal, yang nganter Ibu…. Subhanallaah… banyaaaaaaaaaaaaak banget, Bu! Pasti Ibu dulu orang yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat baik. Buktinya banyak yang kehilangan Ibu. Oya, waktu ketemu Eyang Nduk dan dia tau ini Peni, tau, nggak, Bu? Beliau langsung dekap Peni, lamaaaaaaaaaa banget. Ada apa, ya, Bu? Apa beliau kangen Ibu? Tapi wajah Peni kan ga mirip sama Ibu, ya.. huhuhu… Peni lebih mirip sama bapak atau campuran keduanya.

Ilman makin hari makin besar dan makin cerdas. Ibu pasti bakalan ketawa kalo Ibu lihat kelakuannya. Penemuan terbaru Ilman: kalo dia ngacak-ngacak buku di kamar, trus Peni matiin lampunya biar dia keluar dari kamar dan nggak ngacak-ngacak buku di kamar, dia nggak marah, Bu. Tapi, dia bawa buku keluar dan baca di luar kamar yang terang. Hahaha… Amazing banget, ya, cucu Ibu.

Peni inget, dulu Peni dimanjain sama buku, makanya, Peni juga mau manjain Ilman dengan buku. Hasilnya? Wah, dia sangaaaat suka semua hal berbau tulisan dan gambar. Seperti brosur sampe buku-buku tebal punya Fahmi. Haha..

Oya, Peni juga inget, dulu Ibu suka ngajak Peni main harta karun dan kasih kejutan. Peni udah mulai ngikutin Ibu, loh! Mungkin kalo Ilman sudah lebih besar, akan diajak main cari harta karun. Peni baru suka kasih kejutan buat Fahmi. Menantu Ibu itu, orangnya kereeeeeeeen banget! Baik, shalih, penyabar, perhatian….! Ah, nggak salah Peni pilih Fahmi. Ibu bisa tenang deh, jadinya. Ya, kan?

Peni kemaren bikin cupcake. Ilman bantuin juga, Bu. Hehe. Ibu Yayah selalu ngakak lihat kelakuan Ilman. Peni yakin, kalo Ibu masih ada juga, pasti bahagia dan bangga punya cucu seperti Ilman. Yah, nenek mana sih yang nggak bangga sama cucu sendiri? Hahaha….

Bu, kucing-kucing Peni pada nemenin Ibu, ga? Kei, Keiko, Choki dan Chiko? Peni udah bilang mereka, kalo mereka mati, mereka harus temenin Ibu. Kucingnya Bulik Yati juga, tuh, Salju, udah ketemu Ibu, kan?

Wah, dengan adanya internet, Peni ketemu banyaaaak orang yang udah lama ga Peni temui. Andai bisa ya, pake internet kita chatting. Hahaha. Mumpung mimpi, muluk aja sekalian. Peni paling titip pesen aja sama Allah buat Ibu. Karena Peni tahu, Allah Maha Baik. Dia sayaaang banget sama Ibu, makanya Ibu dipanggil pulang, biar Ibu nggak sakit lagi. Peni pengen bisa kayak Ibu. Dulu, almarhumah Eyang Putri Sakri, kalo ketemu Peni tuh selalu bilang, “Nduk, kamu mesti bisa mencontoh ibumu. Ibumu tuh orang yang baik. Dia mau melakukan apa saja untuk membantu orang lain.”

Ya, Bu, Peni bisa merasakan kalo Ibu tuh orang super baik. Sampai sekarang, masih ada saja orang yang mengenang Ibu… Pasti, Ibu orang yang super menakjubkan!

Eh, iya, Bu. Sudah pagi, Peni harus segera mandiin Ilman. Kalo terlambat berangkat kerja, nanti Fahmi sedih. Apalagi kemaren terhambat macet. Mudah-mudahan hari ini nggak macet, ya, Bu… Nanti kita ketemu lagi dalam doa-doa Peni. Peni cuma pengen Ibu tahu, kalo Peni tuh sayaaaaaaaaaaaaaaaaang banget sama Ibu dan Peni kangeeeeeeeeeeeeeeeeen banget sama Ibu… Love you sooooo much, Bu! Million kisses for you! Mmmmmmmuahhh!!! Pamit, nggih, Bu….

wassalaamu’alaikum,
with love,
Peni

Advertisements

12 thoughts on “How Are You, Mom?

  1. k peni…………..aku selalu sedih bin semangat binti bersyukur kalo baca tulisan k peni ttg ibu.insyaAllah sampe doa k peni tuk ibu. insyaAllah tulisan ini nyampe juga ya tuk menghibur hati ibu 🙂

  2. lovusa said: k peni…………..aku selalu sedih bin semangat binti bersyukur kalo baca tulisan k peni ttg ibu.insyaAllah sampe doa k peni tuk ibu. insyaAllah tulisan ini nyampe juga ya tuk menghibur hati ibu 🙂

    aamiin.. thanks, Gita… kenapa aku nangis baca replymu? huhuhu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s