Racauan · review lagu

[review lagu] Note to the Unknown Soldier – Five for Fighting

ini liriknya:

I don’t know you
I never met you
For laughs I’ll call you Sam
You were the son
Of Mrs. Someone
I hope she understands

Sam you were all that you had
Are you happy or sad
I never knew you
But I’m told you’re the best we had

Were you so tall
Did you play Basketball
Was there a sweetheart at home
Did you write her letters
Did it make you better face the great unknown

Sam did you feel alone
You were so far from home
I never knew you
But I know you’re the best man I know

Could you tell it was time
See it coming in the back of your mind
When it was over, was it over
Sam I’m glad you’re on my side

I don’t know you
I never met you
Can I call you Sam
Did you have a son
A daughter with a little one
I might go and thank Sam you’re the best that we have

You make me happy and sad
If you were here, I’d buy the beers
I’d shake your hand and say good man
And though the sun would shine about the same
It’s a better world because you came
Sincerely yours, my kids will know your name

Pagi ini, Winamp Shuffle saya masuk ke lagu Note to the Unknown Soldier. Dari intronya, udah sukses membuat saya terhenti dari konsentrasi saya menulis naskah untuk CD LAB SD Kelas 1 Tematik 3. Padahal, saya berharap, dari jam 8.30 tadi mulai menulis, nggak ada sesuatu yang men-distraksi konsentrasi saya menulis.

Karena Winamp saya dipasang Minilyrics juga, otomatis membuat mata saya mengikuti teks yang mengalir di layar. Berhubung saya belum familiar dengan lagu ini, saya tidak bisa mumbling mengikuti lagu ini. Hahaha. Begitu lagu ini selesai, saya nggak bisa membiarkan playlist saya men-shuffle ke lagu lain.Saya terus menerus menekan tombol Play ketika lagu ini akan berakhir. Yes, saya belum mau berpisah dengan lagu ini. Biarkan saya menikmati lagu ini untuk beberapa saat saja. Meski sekali dengar nggak pernah cukup.

Lagu ini kurang lebih bercerita tentang seseorang yang penasaran tentang kehidupan seorang prajurit. Seperti apakah kehidupannya? Dia pasti anak seorang ibu siapa pun namanya. Punya anak, nggak? Punya kekasih, nggak? Suka nulis surat, nggak, buat kekasihnya?

Sekelebat, ketika saya mendengar lagu ini, saya teringat beberapa adegan di film Pearl Harbour. Atau film The Independence Day. Dan langsung merinding saat menyimak liriknya. Dan entah kenapa, saya merinding membayangkan kehidupan para prajurit itu. Yah, memang, kalo lihat acara televisi Amerika, prajurit itu selalu dianggap pahlawan, ya.

Lagu ini sekaligus mengingatkan saya akan lagu lain milik Five for Fighting yang berjudul American Pie. Lagu American Pie pun mengingatkan saya pada komentar seorang teman, ketika saya berceloteh soal pajak penghasilan yang belum juga dibayarkan oleh kantor, karena tersendat perhitungan. Padahal, batas pengumpulan SPT sudah mepet waktu itu. Teman saya bilang, “yah, Pen, kita kan cuma plankton di negara ini. Kalopun kita nggak ngumpulin SPT tahun ini, nggak bakalan diusut, kok. Sebab, pajak yang kita bayarkan nggak seberapa, toh?”

Padahal, walau kita cuma plankton, kalo kita mau beli rumah, misalnya, copy NPWP kita mesti dilampirkan. Kalo ketahuan nggak bayar pajak penghasilan, bakalan disuruh bayar pajak, kan? Padahal kita cuma plankton, loooh!

Pagi tadi, di newsfeed Facebook, saya melihat postingan foto seorang sahabat saya. Dua anak tidur di bawah bangku stasiun, sementara ibu mereka sedang mengumpulkan gelas atau botol plastik bekas pakai. Caption foto itu bilang, “we’re all human. bukan hanya sekedar angka statistik. seremeh apa pun harapan dan eksistensi kita, tetap berarti bagi diri kita.”

Lalu saya berujar, “though we’re just a plankton here, our existence still gives some meaning, at least for ourselves.”

Catatan buat diri saya pribadi, yang selalu merasa nggak berguna baik buat diri saya maupun buat orang lain…. Semoga Allah selalu berkenan mengingat saya dan senantiasa membimbing saya supaya selalu berguna buat orang lain….

 

back to work,

-p3n1-

Selasa, 17 April 2012. 10.41

Leave a Reply

