Uncategorized

Mumbling

— lagi kerasukan setan ngeblog — #tumben

Dua mingguan yang lalu, atau lebih, ya, saya dan pa il dipanggil sama guru penanggung jawab Ilman di sekolah terapinya.

Banyak keluhannya. Di antaranya, Ilman sekarang kurang fokus. Pikirannya ke mana-mana. Lalu, saya secara nggak langsung disalahkan, karena membiarkan Ilman akrab dengan Youtube dan Google. πŸ˜€

Oke. Saya mau buat pengakuan. Sebelumnya, saya bangga karena Ilman akrab dengan gagdet dan merasa tenang kalo dia nggak rewel karena asyik dengan Youtube atau Google. Bahkan, Ilman pun, di usianya yang 6 tahun, sudah bisa memilah tontonan di Youtube. Dia hanya cari nursery rhymes dan kemudian mengajarkan pada saya.

Ternyata, yang saya lakukan itu – si pembiaran ini – adalah langkah yang salah. Saya salah berbangga hati karena Ilman akrab dengan Youtube. Ini membuatnya malas melakukan hal-hal lain dan cenderung mengulang percakapan orang lain. Juga mengoceh yang nggak bermakna. Karenanya saya ditegur untuk menghentikan Ilman dari gadget yang canggih, yang membuat Ilman akrab dengan dunia internet.

Saya ingat pesan gurunya itu, “belum waktunya, Bu.” *head banging mode*

Lalu, saya mulai menyembunyikan si gadget yang sebetulnya belum canggih amat itu. Nokia E63 bekas saya, yang dinamainya “Everything”. Kenapa dinamai Everything? Soalnya, dulu sekali, Ilman mulai kenal ponsel yang satu ini, dengan mendengarkan lagu Everything – Michael Buble yang diputar dari E63.

Awalnya cukup berat, karena sudah bisa ditebak, Ilman marah-marah. Tapi setelah lebih dari dua hari, akhirnya dia mulai terbiasa. Jadi, pola pembiasaan pada Ilman adalah dua hari.

Sebagai gantinya, saya memberikan flash card juga buku-buku yang sudah lama sekali nggak disentuhnya. Dan, saya pun harus rajin mumbling maupun nyanyi serius untuk beberapa nursery rhymes. Efek positifnya, adiknya juga ikut-ikutan.

Nah, sekarang, sejak interaksinya dengan si “Everything” udah mulai hilang, interaksi dengan saya lebih banyak. Di antaranya, Ilman mendengarkan saya setiap menjelang tidur, ketika saya membacakan surat-surat pendek. Dan nagih saya untuk nyanyi juga.

Yang lucu, nih, kalo tengah malem, kebetulan dia denger alert dari BB saya, dia akan terperanjat terbangun, lalu meminta saya mumbling lagu dari Barney, dengan kode, “rainbow”. Lalu saya akan disuruh nyanyi. Kalo saya masih terjaga, mungkin saya bisa mulus menyanyikan lagunya sampai habis. Tapi, kalo saya dalam mode tertidur, saya paling cuma bisa nyanyi sebaris, terus tidur lagi. Nanti dia ngomel lagi, “rainbow” atau nyuruh saya masuk ke baris berikutnya dengan menyebutkan satu kata dari baris berikut lagu yang sudah saya nyanyikan.

Saya lupa apa judul sebenarnya lagu ini, liriknya begini:

“Oh I like red, it’s the color of an apple
Orange, it’s the color of an orange
Yellow, it’s for lemon and our wonderful sun, sun, sun
Green, it’s the color of trees and lots of things that grow
And then there’s blue for the sky
and purple that’s the color of fun, fun, fun…
And when we put those colors side by side
now what do you think we’ve done?
we made a rainbow and it’s a really beautiful one…”

Jadi, begitulah. Kalo saya nyanyi sebaris, lalu “hilang” karena saya jatuh tertidur, dia akan minta saya melanjutkan dengan nada galak. Hihihi…

Satu lagi, dia pasti meletakkan kepalanya di salah satu lengan saya ketika minta dinyanyikan. Saya akui, saya sempat kehilangan momen ini, ketika dia asik dengan acang a.k.a gadget itu. Jadi, ya, walau saya harus berjuang untuk mumbling di antara kantuk, ini anugerah terindah buat saya. Bisa berinteraksi dengan Ilman dan merasa dibutuhkan olehnya πŸ˜€

Semoga setelah dipisahkan dari gadget, dia mulai fokus lagi, ya… ^^

Oya, ini wall of fame di kamar eyangnya, yang jadi tempat Ilman nulisin teks lagu. Udah lama, sih. Waktu itu dia lagi suka banget sama lagu This Old Man. Sampai eneg banget deh, dengernya saya. Diputar terus… πŸ˜€

Image
jadi ini lagu berulang sebanyak sepuluh kali, tergantung bilangannya..
liriknya adalah:
this old man he played one
he played nick nack on my thumb
with a nick nack paddy wack
give the dog a bone
this old man came rolling home
pasangan angka ada di foto berikutnya ^^
Image
salah satu urutan lirik nursery rhymes yang ilman hapal dalam sekejap aja
one – thumb
two – shoe
three – knee
four – door
five – hive
six – sticks
seven – up in heaven
eight – gate
nine – spine
ten – once again
2 thoughts on “Mumbling

Leave a Reply

