Blogroll · Racauan

Fabulous 2014

Saya pengen ikutan kayak orang-orang, ah.. Bikin semacam kaleidoskop tahun 2014 😀 Sebenernya bukan sekedar ikut-ikutan, tapi mungkin juga sebagai bahan bersyukur, bahan intropeksi, dan lain-lain dan lain-lain yang mungkin hanya saya sendiri yang paham #apeu

Mari kita mulai kaleidoskop 2014 ini…

Januari

Nggak ada kejadian yang gimana-gimana sampai diabadiin di cerita blog, sih. Di bulan Januari, sepertinya saya kena hype cerita Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi. Saya suka sekali cerita di sana, walau sekarang, setelah hampir setahun berlalu, saya menyadari bahwa ceritanya agak terlalu… ummm.. too good to be true, tapi saya sangat sangat sangat suka spirit di dalamnya. Oya, buku itu adalah hadiah dari Santa saya di event Secret Santa BBI 2013. Mungkin dia memberi saya buku Negeri Lima Menara karena dia sendiri orang Padang sebagai clue lain, walau, well, buku itu ada dalam wishlist saya juga sih 😀

Di bulan Januari, saya juga kalap posting master post di blog sebelah yang sok jagoan bilang pengen ikut semua reading challenge. Mulai dari Young Adult Reading Challenge, Indonesian Romance Reading Challenge, The Lucky No. 13 Reading Challenge, dan lain-lain. Yang tamat cuma Books in English Reading Challenge, yang saya host sendiri. Hahaha.

Februari

Pada bulan ini, saya dan Pa Il mulai waswas, karena kami sudah menaruh nama di SD Hikmah Teladan untuk mendaftarkan Ilman, tapi belum ada kabarnya juga. Di bulan itu, Ilman terkena sakit perut yang lumayan hebat, nggak mau makan selama berhari-hari. Tentu saja ini mengkhawatirkan. Dia juga tidak bersemangat sama sekali. Saya nggak tahu, bahwa ternyata sebetulnya dia sedang jenuh bersekolah. Jadi secara psikologis dia terganggu, fisiologisnya juga demikian. Setelah saya bawa ke dr. Iva di Santosa Hospital, dokter Iva menyarankan saya menemui dokter Purboyo untuk diagnosa lebih lanjut. Saya juga berkenalan dengan ibu Diah Puspasari, Psi, yang kemudian menjadi konsultan psikolog Ilman sejak saat itu. Di bulan ini akhirnya saya tahu, bahwa Ilman yang semula didiagnosa aspergian, ternyata dia sebetulnya gifted disinkroni ditambah kesulitan belajar spesifik dengan perilaku autistik. Cukup mengejutkan memang. Tapi sejak saat itu, saya dan Pa Il jadi semangat untuk mencari alternatif sekolah lain, karena Ilman memang harus keluar dari sekolah lamanya, supaya dia mampu mengembangkan dirinya. Dengan kata lain, kami harus mengeluarkan Ilman dari zona nyaman yang sudah menaunginya sejak dia berusia tiga tahun, supaya dia bisa berkembang pesat.

Di bulan Februari, saya berhasil menamatkan buku setebal 600 halaman lebih dengan setting Indonesia bergenre Historical Fiction (untuk baca bareng BBI bulan Februari 2014). Sungguh prestasi mengagumkan, Nak… *lap air mata haru*

Maret

Di bulan Maret, kesehatan saya menurun cukup parah. Sejak awal Maret, saya merasakan ada yang nggak beres dengan tubuh saya. Setelah bolak balik ke dokter dan berakhir cek lab di Santosa, saya dinyatakan kena typhoid dan harus istirahat di rumah sakit. Di bulan ini juga, saya kenalan dengan CNBlue dan mulai berhasrat menjadi BOICE (CNBlue fanbase). Meski saya jatuh cinta pada Jung Yong Hwa sejak setahun sebelumnya, tapi saya jatuh cinta pada CNBlue secara utuh dimulai setelah saya berbaring beberapa hari di rumah sakit. Hihihi… Di bulan ini, saya hanya baca dan review satu buku saja. Beneran nggak kuat buat baca lama-lama, walau sebetulnya saya bekal banyak buku selama saya jadi penghuni rumah sakit. Bye bye baca bareng BBI 😥

Di bulan ini juga, saya tertakjub-takjub membaca tulisan Ilman yang sudah mulai bercakap-cakap dengan orang lain, via BBM. Tentu saja saya meleleh bacanya.. Ilman juga mulai kenal uang bulan ini. Hampir semua jenis uang, akan dikoleksinya. Minimal harus punya selembar 😛

Oya. Timeline mulai sibuk dengan orang-orang yang akan memilih, karena di bulan April, Indonesia memilih 😀

Kami juga bikin foto keluarga, loh 😀

April

Indonesia Memilih!

Setelah menanti berbulan-bulan, akhirnya Ilman dipanggil juga untuk tes di SD Hikmah Teladan. Yang bikin down adalah… ketika tes, Ilman nggak mau kooperatif. Dan saya lagi nggak sabaran juga… Huhuhuhu…. Kayaknya itu bulan yang lumayan berat. Saya mewek mulu, karena saya nggak kebayang lagi kalo Ilman nggak diterima di SD Hikmah Teladan, what would it be. SD inklusi lain yang disarankan ibu Diah Puspasari, udah habis kuotanya. Pun, kami sadar, kami nggak mampu bayarnya. Uang masuknya melebihi logika kemampuan kami… >_< Sepertinya Allah sedang ingin saya mendekat padaNYA dan pasrah. Sepertinya Allah sedang senang membolak balikkan hati saya… Mungkin, saya dan Pa Il sedang digiring untuk jatuh dan cuma berpegangan padaNYA… huhuhuhu…

Saya cuma berhasil review satu buku aja.

Di Hari Kartini, Ilman mau pakai baju adat (katanya sih) Papua

Saya mulai kenalan sama apps bernama Flipagram, jadi saya bikin ini untuk ultah Pa Il dan ini untuk ultah adek Zidan. Sementara, saya memanfaatkan fasilitas bikin film di Picasa, jadilah video ini untuk ucapan selamat ulang tahun bagi BBI ^_^

Mei

Di bulan ini, dari sisi bacaan saya ada peningkatan. Saya berhasil membuat enam review di blog buku saya. Hohoho. Keren, yaaa… Dan saya berhasil bikin review ini melesat dikunjungi di hari pertama saya meluncurkannya. Kenapa? Karena…. 😀

Di bulan ini, saya akhirnya mendapat kabar dari SD Hikmah Teladan, bahwa Ilman diterima di sana. *sujud syukur*. Tapi, kebahagiaan saya nggak terlalu lama berlangsung, karena setelah mendapat kabar Ilman diterima di SDHT, kabar berikutnya yang menyusul adalah: Pa Il harus mulai bekerja di Jakarta untuk membantu administrasi kantor Jakarta yang sudah kena deadline. Ini artinya, saya harus LDR-an dengan Pa Il. Janjinya nggak lebih dari sebulan. Tapi… bahkan sampai bulan Ramadhan pun kami LDR-an. Sungguh, bulan Ramadhan yang sangat berat bagi saya, karena nggak barengan dengan Pa Il (ya ya ya… sebut saja saya istri manja)

Juni

Masih LDR-an dengan Pa Il. Di bulan ini, adik saya nomer dua menikah. Sayangnya, saya nggak punya foto lengkap kami berempat dalam kostum lenong. Kondisinya sungguh sangat nggak kondusif untuk bisa berfoto bareng. Mulai dari koordinasi nggak jelas, karena mendadak Pa Il dapet instruksi nganter barang seserahan ke rumah dari seorang bude yang sok ngatur di hari H (sebelumnya ke mana aja, nyah? >_<) , padahal di saat yang sama lagi foto bareng keluarga. Jadilah Pa Il ga ada. Belum lagi, Zaidan yang nggak mau masuk ke dalam gedung, sehingga kami sama sekali nggak punya foto berempat *nangis*

Dalam rangka mengirimkan suara kami berdua untuk Pa Il, saya dan Zaidan berduet menyanyikan lagu ini.

Di bulan ini, saya dipercaya Penerbit Haru untuk bikin blogtour dalam rangka mempromosikan Simple Thinking about Blood Type karya Park Dong Sun.

AH! Di bulan ini, saya terlibat dalam bikin video selamat ulang tahun untuk Jung Yong Hwa! Saya seneng banget! Saya bikin scrapbook untuk itu.

Juli

Saya masih LDR-an. Bulan puasa dan lebaran. Saya nggak bikin posting review apa-apa. Di bulan Juli, saya mulai berkenalan dengan cross stitch. Saya ingat, almarhumah ibu saya sangat menyukai dunia ini.

Oya, saya khatam, loh! Hahaha. Jarang terjadi di bulan Ramadhan bisa khatam Al Qur’an. Huhuy!

Tapi… di bulan Ramadhan ini, saya juga mendapat ujian yang cukup menyesakkan… Setelah terlambat beberapa waktu, ternyata saya harus merelakan janin yang sempat bersemayam di rahim saya 😥 Ketika saya mengalaminya, rasanya semua biasa-biasa saja. Rasanya saya bisa ikhlas saja. Tapi kemudian…

Agustus

Tanggal 1 Agustus, setelah libur lebaran yang cukup panjang, saya kembali ke Santosa, ketemu dengan dokter Robert. Dari hasil lab dan lain-lain, beliau memutuskan melakukan kuretase. Saya merasa baik-baik saja ketika menjalaninya, karena Pa Il selalu ada di samping saya. Tapi tidak sesudahnya. Saya mulai merasakan apa yang disebut “syaithan menggerogoti keikhlasan saya“.

Saya membuat karya ini untuk mengingatkan saya, bahwa ada malaikat kecil yang menanti kami berdua di surga. Kami harus menabung untuk bisa meraih tiket surga kami.

fb034-original

Bulan ini, kedua kalinya saya menjadi penghuni rumah sakit. Kali ini karena kakak Ilman yang harus dirawat di rumah sakit. Baru juga sekolah beberapa hari di sekolah baru, sudah harus bolos lagi… Huhuhu…

September

Kakak Ilman pulang setelah dirawat di rumah sakit di akhir Agustus. Dia sangat bersemangat ketika dua guru favoritnya datang menjenguk. Satunya bu Yayu, dari sekolah lama, yang menjadi penanggung jawab Ilman sejak Ilman berusia tiga tahun. Satunya pak Mukhlis, guru tutor Ilman di SD Hikmah Teladan. Wah, progres kesehatannya luar biasa setelah dijenguk keduanya. Besoknya pulang, deh 😀

Di bulan ini, saya banyak meng-unfriend beberapa kontak di kitab muka karena postingan mereka semakin hari semakin gahar. Saya butuh menjaga mata dan hati saya dari hal-hal merusak iman. Dosa saya udah banyak, saya nggak mau feeding diri saya dengan dosa-dosa lain yang lebih menyedihkan hanya karena nggak sengaja baca postingan negatif mengenai capres.

What a month!

Oktober

Ujian kesehatan masih membayangi. Setelah bulan sebelumnya kakak Ilman pulang dari rumah sakit, kali ini adek Zaidan yang menjadi penghuni rumah sakit.

2ce54-original

Blog ini mulai saya isi lagi. Saya punya gairah lagi buat posting, walau nggak seproduktif dulu. Hiks…

Dan… Indonesia punya presiden baru! Horeeeee! Semoga Indonesia semakin berjaya di tangan presiden baru… Aamiin…

Saya mulai kalap ngumpulin dan ikut pre order kit cross stitch 😀

November

Di bulan ini, banyak kebahagiaan yang nggak bisa diukur dengan uang. Misalnya, Ilman berhasil ikut flying fox pertama kalinya.

d11ff-original

PERSIB yang akhirnya memenangkan Liga Indonesia setelah menanti belasan tahun lamanya. Kemudian, saya dan Pa Il naik ke kelas sembilan di pernikahan kami 😀

Ilman yang memasang lagu Lucky – Jason Mraz ft Colbie Colliat dan The Man who Can’t Be Moved – The Script sebagai lullaby menjelang tidur. Hahaha. Di bulan ini juga, Ilman mulai aware dengan juz amma dan asma’ul husna.

Di bulan ini, saya beli seperangkat Do It Yourself rumah Nobita. Tapi belum saya kerjakan sampai hari ini 😀

Dan di bulan ini juga, saya lagi rajin nyoba bikin roti ini dan itu. Hahahaha…. Mungkin tahun depan saya harus punya sourdough atau tangzhong sendiri.

Desember

Dengan sangat terpaksa, saya curang sama reading challenge saya sendiri di Goodreads. Semula, saya menargetkan baca 40 buku, tapi saya cuma sanggup baca 32 buku saja. Jadi, saya turunkan jadi 30 demi dibilang passed 😀 Saya masih mengejar kuantitas, sih, emang. Sebetulnya, saya nggak pernah tahu, buku seperti apa yang kualitasnya sangat bagus itu. Karena, saya sering menemukan “berlian” dari buku yang sering dianggap sampah. Bagus menurut orang lain, belum tentu bagus menurut saya. Akhirnya balik ke selera sendiri. Jadi, menurut saya, nggak ada yang namanya buku sampah. Pasti ada berliannya. Apapun caranya.

Saya mulai balik ke paper quilling juga scrapbook meski belum banyak produksinya. Saya masih kewalahan memanage waktu. Mungkin tahun depan waktu saya lebih lowong. Mungkin.

Bulan ini, ujian lain sedang mengempaskan saya. Benar-benar membanting saya. Saya nggak bisa cerita di sini apa ujian itu, karena sebetulnya ujian ini menyangkut teman-teman saya juga. Mudah-mudahan, ini cara Allah mengangkat derajat saya dan teman-teman saya. Semoga…

Di akhir bulan ini, Indonesia dirundung duka dengan hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 yang kemudian serpihannya ditemukan di selat Karimata, perairan Belitung Timur, bahkan perairan Kalimantan Tengah 😥 Semoga Allah SWT memberikan ketabahan dan kekuatan bagi keluarga korban yang ditinggalkan… Sedih kalo ngebayangin drama yang terjadi ketika mereka akan passed away. Di antara jenazah, ada tiga orang yang sedang berpegangan tangan. Dan mereka pakai life jacket. Melihat itu, mereka pasti tahu bahwa pesawat yang mereka tumpangi akan menghadapi crash. Kemungkinan mereka juga sempat melompat bersama-sama ke air. Andai mereka ditemukan lebih awal. Andai saat itu ada banyak nelayan sedang mencari ikan di daerah itu. Andai cuaca tidak buruk. Andai…. Andai… Andai…. Hanya Allah yang Maha Tahu… *al Fatihah untuk mereka* 😥

Begitulah cerita Fabulous 2014 saya. Semoga di tahun-tahun berikutnya, saya masih bisa bercerita lagi. Semoga di tahun 2015 saya bisa meninggalkan semua keburukan di tahun 2014 dan membawa kebaikan di tahun 2014 dengan menjadikannya lebih baik lagi… Gimana dengan kamu?

-p3n1-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s