Uncategorized

Kain tenun Sumba punya peran cukup penting dalam kultur adat masyarakat Sumba. Selain sebagai busana sehari-hari, kain tenun Sumba juga dipakai pada pesta atau upacara adat, sebagai maskawin, juga digunakan dalam upacara kematian.

Ketika seseorang meninggal, terlebih jika dia seorang raja atau keturunannya, ketika dikubur, jasadnya harus dibebat atau dibungkus dengan kain tenun Sumba selama puluhan bahkan ratusan tahun dalam posisi meringkuk, barulah jasadnya dikuburkan. (Ih, sereeeem 😱)

Kain tenun Sumba juga digunakan untuk alat tukar dan pembayaran denda. Pola gambar di atas kain tenun Sumba sarat dengan nilai-nilai relijius.

Kain tenun Sumba terbagi dua jenis: “Hinggi” dan “Lau”.

Kain tenun Sumba jenis Hinggi umumnya dikenakan kaum pria dalam setiap upacara adat. Hinggi untuk pria dewasa berukuran sekitar 2 meter dan berfungsi sebagai selendang atau kain yang dililitkan di pinggang. Warna dominan kain ini adalah merah kecoklatan (yang digunakan kebanyakan para bangsawan) dan kebiruan (yang digunakan kebanyakan rakyat biasa).

Jenis kain tenun Sumba Lau dikenakan sebagai sarung oleh kaum wanita.

(Diringkas dari komhukum.blogspot.co.id/2012/09/pesona-tenunan-kain-adat-sumba.html)

Saya mendapat kehormatan untuk mengerjakan tusuk silang dengan pola Tenun Hinggi Kombu dalam sebuah project ambisius bernama Kristik Untuk Nusantara, dengan tema Motif Kain Indonesia.

Di balik seluruh ambisi semua teman-teman se-Indonesia yang sehobi dalam project ini, saya belajar satu hal: ini bukan hanya masalah saya harus kelar atau tidak mengerjakan ini, melainkan cara bagaimana saya diperkenalkan pada bagian budaya Indonesia yang nggak pernah saya tahu sebelumnya. Semua yang kebagian peran, mencari makna dari motif kain yang mereka kerjakan.

Kalo saja saya nggak dapat salah satu kehormatan ini, saya mungkin nggak akan pernah tahu apa itu Tenun Sumba Kombu dan banyak motif kain lain di Indonesia 😊

Doakan saya bisa selesai mengerjakan ini tepat waktu tanpa mengorbankan hal-hal penting lain 😁

View on Path

Leave a Reply

